SEJARAH

Jopinus Ramli Saragih (lahir di Medan, Indonesia, 10 November 1968; Umur 46 tahun) merupakan salah seorang pengusaha dan politikus Indonesia. Saat ini dia duduk sebagai Bupati Simalungun periode 2010–2015, setelah terpilih menjadi BupatI Kabupaten Simalungun daerah pemilihan Provinsi Sumatera Utara pada Pemilu Legislatif 2009.

Kerinduan JR Saragih akan terciptanya sarana Kesehatan untuk warga yang tidak mampu, terbukti dengan lahirnya Akademi Keperawatan Efarina Etaham yang juga berada di Kabupaten Purwakarta. Tujuannya adalah untuk mendorong percepatan pemenuhan kebutuhan tenaga perawat. Khususnya untuk RS Efarina Etaham ataupun rumah sakit lain. Keyakinan bahwa pendidikan menjadi kunci utama bagi perubahan diwujudkan secara nyata dengan mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kesehatan pada tahun 2011. Inilah bukti nyata pandangan jauh ke depan seorang JR Saragih, yang memiliki perhatian khusus kepada bidang pendidikan.

Awalnya sekolah ini menjadi bagian dari Rumah Sakit Efarina, yang kemudian pada tanggal 28 April 2003 mendapatkan ijin sebagai SMK Plus Efarina yang dikenal hingga saat ini. Sekolah ini kemudian dikenal sebagai sekolah kesehatan berbasis militer dengan sistem asrama, yang telah menghasilkan pribadi-pribadi dengan prestasi yang memuaskan, juga tangguh dan tahan banting, baik secara mental maupun fisik.

V I S I
M I S I
Menghasilkan Lulusan dalam Bidang SMA/ SMK yang berjiwa Kesatria, Unggul, Terampil, dan Berbudaya
Menjadikan SMA Plus / SMK Plus Kesehatan Efarina yang dikelola dengan baik dan benar sehingga mampu bersaing dalam manajemen mutu berstandar Internasional
Memiliki Struktur Finansial yang mantap untuk mendukung perkembangan yang berkesinambungan
Mampu menumbuh kembangkan insan professional di bidang didik SMA Plus / SMK Plus Kesehatan Efarina serta memperluas jaringan mitra kerjasama yang sinergi

KURIKULUM

Kami menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006 atau disingkat KTSP 2006. Sebagaimana kami percaya bahwa kurikulum ini dapat membantu kami dalam menyampaikan ilmu kepada siswa/i kami.

Standar isi KTSP sendiri adalah ruang lingkup materi, dan tingkat kompetensi yang dituangkan dalam persyaratan kompetensi tamatan, kompetensi bahan kajian kompetensi mata pelajaran, dan silabus pembelajaran yang harus dipenuhi peserta didik pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Standar isi merupakan pedoman untuk pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan yang memuat:

• Kerangka Dasar, dan Struktur Kurikulum
• Beban Belajar
• Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang dikembangkan di tingkat satuan pendidikan
• Kalender Pendidikan